KIM Merdeka Sabet Juara I LCCK KIM Kota Surabaya Tahun 2017

By Admin

nusakini.com--Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari seluruh KIM di kota Surabaya berkompetisi menjadi yang terbaik. Setelah melalui proses seleksi ketat dari 81 KIM yang ada, terpilih sebanyak 5 semifinalis. Dari lima semifinalis tersebut lahir tiga finalis yang dilombakan dalam Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM kota Surabaya tahun 2017.  

Bertempat di lapangan jalan Flores, Sabtu (29/7), tiga tim beradu wawasan dan kreatifitas dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Selain LCCK, dalam kesempatan yang sama juga digelar Pertunjukan Rakyat. Sebuah upaya jemput bola pelayanan publik dengan paduan seni pertunjukan rakyat. 

Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) kota Surabaya dalam sambutannya mengatakan, KIM merupakan kelompok masyarakat dengan dasar informasi. KIM diharapkan dapat berperan menjadi fasilitator untuk menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi antara masyarakat dan pemerintah. 

Menurut Antiek, KIM sebagai agen informasi harus berperan aktif mendistribusi informasi yang perlu diketahui masyatakat. Sehingga masyarakat dapat melakukan langkah antisipatif yang bermanfaat. 

  Antiek melanjutkan, sebagai event tahunan, LCCK KIM diselenggarakan untuk menguji kemampuan mencari atau mengumpulkan informasi serta memilah, memahami dan kemampuan mengkomunikasikan informasi kepada publik. Antiek menambahkan, pada kesempatan ini, LCCK KIM diadakan untuk memilih 1 KIM yang akan mewakili Surabaya untuk lomba LCCK tingkal Bakorwil Malang yang diselenggarakan Dinkominfo Provinsi Jatim.  

Setelah berkompetisi sengit, KIM Pokak dari Kebonsari meraih nilai 254 dengan menduduki juara III. Sementara itu pada peringkat II KIM Karung Media dari Kalirungkut meraup nilai 254,5. Sedangkan KIM Merdeka dari Morokrembangan berhasil menyabet juara I dengan nilai 256,5. Nantinya KIM Merdeka akan mewakili Surabaya untuk lomba LCCK tingkal Bakorwil Malang yang diselenggarakan Dinkominfo Provinsi Jatim. (p/ab)